Lattest News
 
Padukan TI dan Kekayaan Lokal Perguruan Tinggi

Digital Signage merupakan media baru sebagai media promosi. Di negara-negara maju seperti Inggris dan Amerika, media ini seringkali dipakai untuk iklan.

"Belum banyak yang menggunakannya untuk kepentingan edutainment atau corporate communicationapalagi di Indonesia. Inilah yang kemudian kita adopsi untuk bisa mengangkat excellence UK Petra sebagai salah satu institusi pendidikan", tandas ADITYA NUGRAHA, Kepala Perpustakaan UK Petra, Jumat (25/01), di tengah-tengah persiapan peluncuran Digital Signage.

Digital Signage yang memadukan teknologi informasi (TI) dan kekayaan lokal perguruan tinggi ini akan diluncurkan 28 Januari 2008 saat peringatan ke-42 tahun hari jadinya, Perpustakaan UK Petra Surabaya di ruangan pameran perpustakaan.

Digital Signage akan dipasang di lantai 6 perpustakaan UK Petra dan menurut rencana, selanjutnya Digital Signage akan dipasang di beberapa lokasi di kampus.

Menurut ADITYA dalam siaran pers yang diterima suarasurabaya.net, Digital Signage yang dirancang oleh UK Petra ini mempunyai tiga konsep dasar yang membedakannya dengan media yang biasanya ditemukan di kampus-kampus lain.

Tiga konsep itu ialah, pertama, rich media. Rich media berarti Digital Signage mampu menyajikan informasi yang lebih luas dan beragam bagi sivitas dan pengunjung perpustakaan, baik dari sisi content maupun format medianya. Media yang sering ditemukan di kampus lain pada umumnya hanya bersifat tunggal, misalnya hanya informasi berupa agenda kampus yang sifatnya reportase atau running text.

Dalam Digital Signage ini, dalam satu display akan ditampilkan beberapa tayangan misalnya ada video karya mahasiswa/dosen, promosi koleksi baru perpustakaan, info/berita seputar kampus, bahkan koleksi digital perpustakaan yang diambil langsung dari server perpustakaan digitalnya. Format media juga beragam, mulai dari running text, graphics/gambar, animasi, tampilan web, video, dll.

Kedua, local content. Semua yang disajikan dalam Digital Signage adalah karya-karya atau excellence yang diraih oleh UK Petra. Terakhir, Digital Signage juga merupakan manifestasi dari integrasi teknologi Internet dan audiovisual.

Selain launching Digital Signage, hari jadi perpustakaan UK Petra ini juga akan diramaikan dengan pelaksanaan seminar yang bertajuk "Emerging Technology for Libraries".
Seminar ini akan diadakan Selasa, 29 Januari 2008 di kampus UK Petra, gedung T ruang 502 mulai pukul 08.30-16.00 WIB.

Seminar ini mendatangkan Dr. PUTU LAXMAN PENDIT (RMIT, Australia), DONNY S. WITONO (Regional System Analyst Asia Alliance One International) dan ADITYA NUGRAHA, M. S.

Seminar sehari ini akan membahas tentang sejumlah perkembangan di bidang teknologi informasi yang saat ini mempengaruhi perkembangan perpustakaan di dunia dan Indonesia. Semua event ini akan ditayangkan secara langsung dalam video confenrence melalui jaringan INHERENT (Indonesia Higher Education Network).(ipg)

sumber: www.suarasurabaya.net

   
  Other News
 
Universitas Petra Surabaya Luncurkan "Digital Signage"

Perpustakaan Universitas Kristen (UK) Petra Surabaya meluncurkan "Digital Signage" pada 28 Januari untuk merayakan hari jadi ke-42. "Digital Signage itu merupakan media baru untuk promosi yang sering dipakai sebagai iklan di negara-negara maju seperti Inggris dan Amerika," kata Kepala Perpustakaan UK Petra, Ir Aditya Nugraha MS, di Surabaya, Minggu.

Ketimbang Bengong, Saksikan Iklan, dong

Tersedia media alternatif beriklan melalui televisi khusus di ruang-ruang publik. Kini makin banyak tawaran media iklan di luar saluran-saluran komunikasi konvensional. Selain berbiaya lebih murah, para pengiklan menganggapnya lebih efektif. Penonton pun bisa membunuh waktu.